Jumat, 30 Januari 2009

Peranti Lunak Gratis Otomasi Perpustakaan

Tidak menarik. Bukan pemandangan yang aneh. Perpustakaan sekolah di tanah air kita biasanya dikelola secara seadanya. Dalam arti dikelola dengan sumber daya manusia, koleksi, perabotan, gedung sampai pada penataan ruang, yang semuanya serba seadanya. Kondisi mengenaskan ini menyebabkan perpustakaan sekolah tidak mampu menjelma sebagai institusi pendidikan yang menarik minat anak didik.

Itulah awal tulisan dari Heri Abi Burachman Hakim, staf perpustakaan Fisipol UGM Yogyakarta di harian Suara Merdeka (22/1//2008). Dalam artikel yang menarik itu ia menyarankan sebuah solusi, yaitu dengan melakukan otomasi perpustakaan. Langkah ini akan menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan perpustakaan.

Photobucket

Akrab perangkat teknologi informasi. Otomasi perpustakaan selain memberi nilai efektivitas bagi pengelolaan perpustakaan, juga bermanfaat mengenalkan para pemakai dalam menggunakan komputer. Nampak dalam gambar tiga siswa sekolah dasar sedang bekerja sama mendandani obyek bonekanya ketika memanfaatkan Internet di Perpustakaan Daerah Wonogiri.

Apalagi sekarang ini, lanjutnya, terdapat beragam perangkat lunak gratis (free ware) untuk tujuan otomasi tersebut. Antara lain meliputi pengelolaan data buku, peminjaman, pengembalian, perpanjangan masa pinjam, laporan, cetak barcode, cetak label, statistik dan stock opname.

Gratis dan laris dipakai. Perangkat lunak yang ia sarankan adalah Athaneum Light. Menurutnya, banyak perpustakaan di Tanah Air telah menggunakannya. Antara lain SMA Negeri 2 Medan, Akademi Kebidanan Pemkot Bukit Tinggi, Perpustakaan Rumah Singgah Lentera, Perpustakaan Forum Indonesia Membaca, Perpustakaan Universitas Paramadina, dan masih banyak lagi. Informasi penting mengenai perangkat lunak tersebut antara lain :

Profil lengkap dapat diakses di : http://sumware.co.nz/athenaeum/light.php
Perangkat lunak dan modul dapat diperoleh di : http://kali.openlib.info/
Milis pengguna Athenaeum Light di : toolib@yahoogroups.com

(BH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar